Rabu, 03 Oktober 2018

Task 12_Yuliana_Shokyuu#10



Review pengalaman JOY SENSOR untuk semua katagori, dan perbandingan dengan katagori sentimental item.



Menyentuh dan merasakan satu persatu benda yang mau diducluttering di materi-materi sebelumnya terasa cukup mudah. Karena keseringan pindah sehingga saya harus menentukan apa yang disimpan, apa yang membuat bahagia saat memiliki dan melihatnya. Jadi  Lebih tahu mana saja yang dibutuhkan dan apa yang sebenarnya diperlukan di kehidupan ini berkenaan dengan benda-benda. Dan tidak mendengarkan opini orang lain akan hal tersebut.





Sedangkan saat decluttering benda sentimental item ini,  menyentuh satu persatu benda-benda tersebut saya merasa kembali ke masa dimana mulai mengumpulkan benda-benda itu dan teringat tiap kenangan yang tersimpan dibalik benda  tersebut. Sungguh menguras waktu dan perasaan terutama karena saya orangnya melankolis jadi semuanya saya simpan. Alasan lainnya untuk dikenang dan suatu hari bisa diceritakan kepada anak-anak saya.                                                                   





Awalnya merasa berat untuk mempensiunkan dan mengikhlaskan mereka yang telah ada bersama saya dulu. Kemudian saya ingat bahwa saya hidup untuk saat ini dan masa depan. Mereka memang pernah jadi bagian hidup namun tugas mereka sudah selesai.





Cerita decluttering sentimental item

Foto before dan after ini sudah saya kerjakan sebelum saya pindahan kemaren. Semua benda sentimental item ada di rumah orangtua saya. Disebuah lemari yang sudah dikunci sebelum pindah sehingga tidak ada yang akan membuka kecuali saya yang membukanya.

Setelah decluttering kemudian yang ingin saya simpan  saya bagi dalam 3 katagori saja :
Diary
Album foto
Kaset/CD

Kenapa saya masih menyimpan diary?
Dari diary itu saya melihat perkembangan tulisan tangan dan narasi saya dalam menceritakan kehidupan yang saya lalui sejak SMP hingga sebelum menikah.    

Sedangkan album foto adalah foto pernikahan dan foto anak pertama karena zaman itu (2005) semua foto harus dicetak.

Dan untuk kaset/CD, memang kini akan sulit menemukan pemutar kaset. Namun saya menyukai kaset-kaset tersebut yang saya beli dari penghasilan saya sendiri. Meski sekarang sudah ada youtube dan MP3. Saya suka aja menyimpannya.






#gemar  #rapi #sukarapi
#gemarrapi
#komunitasgemarrapi
#menatadirimenatanegeri
#shokyuuclass
#shokyuuclassB2Task12
#semangatrapi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar